Laporan Praktikum PBO Modul 1 (Class, Atribute, Method, dan Object)

LANDASAN TEORI

PBO nerupakan paradigma pemrograman yang popular dimana telah menggantikan teknik pemrograman berbasis prosedur. Object Oriented Programming sudah diteukan sekitar tahun 1960 dan dikembangkan pada permulaan tahun 1970. Semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data, beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya.

Masing-masing object harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan dapat dihubungkan dengan object lain. Pemrograman berorientasi objek berbeda dengan pemrograman prosedural yang hanya menggunakan satu halaman kebawah untuk mengerjakan banyak perintah atau statement. penggunaan pemrograman berorientasi objek sangat banyak sekali diantaranya : java, php, perl, C# dll.

Didalam PBO terdiri dari kelas, atribute, objek dan method yang semuanya merupakan kesatuan dalam sebuah program. Adapun pengertian beserta contohnya sebagai berikut :

PEMBAHASAN

Class / Kelas

Merupakan kumpulan dari definisi data dan fungsi-fungsi yang digunakan dalam membuat program tersebut untuk suatu tujuan tertentu. Contoh sebuah class misalnya pada kendaraan seperti berikut ini:

<?php
    class kendaraan{
    }
?>


apabila kelas ini di compile maka tidak akan menampilkan apa-apa karena kelas ini belum memiliki data fungsi beserta method yang akan digunakan. Dalam kelas ini kita dapat menyederhanakan pemetaan dalam penanganan masalah dari masalah pada program tersebut jika mengalami permasalahan.

Objek

Objek adalah sebuah sesuatu yang mempunyai struktur untuk merepresentasi sebuah kelas, membungkus data dan fungsinya menjadi satu unit atau entitas dalam sebuah program komputer.
Contoh objek : Komputer, Motor, Buku dan sebagainya.

Atributte

Arribut dari sebuah kelas adalah variabel global yang dimiliki sebuah kelas. Atribut merepresentasikan karateristik dari objek dalam kelas tersebut. Contohnya :
Objek motor memiliki atribute roda, warna, merk, harga.



Method

Method adalah tindakan yang bisa dilakukan didalam class. Method pada dasarnya adalah function yang berada didalam class, seluruh fungsi dan sifat function bisa diterapkan kedalam method seperti argumen/parameter, mengembalikan nilai (return), dan lain-lain. Contoh Programnya :
<?php
class Kendaraan {

var $merk;
var $harga;
var $jmlroda;

function KondisiHarga(){
if ($this->harga>10000000){
return 'Mahal';
} else {
return 'Murah';
}
}
}

$objMobil = new Kendaraan(); //object dari kelas kendaraan

$objMobil->merk=('Avanza');
$objMobil->harga=(15000000);
$objMobil->jmlroda=(4);

echo "Merek Mobil adalah ".$objMobil->merk."";
echo "Harga Mobil = ".$objMobil->harga."";
echo "Jumlah Rodanya = ".$objMobil->jmlroda."<br>";

echo "Status Harga =".$objMobil->KondisiHarga();
?>

Maka akan tampil bahwa mobil dengan merk Avanza dengan harga 15000000 mempunyai roda 4 tergolong kendaraan dengan harga mahal.

DAFTAR PUSTAKA

http://rpldanpbo.blogspot.com/2013/09/pengertian-objek-dan-kelas-pada-pbo.html
http://technopark.surakarta.go.id/id/media-publik/komputer-teknologi-informasi/189-konsep-dasar-pemrograman-berorientasi-objek

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Jaringan Komputer Modul 8 (Dynamic Routing)

Praktikum Jaringan Komputer Modul 7 (Static Routing)