Laporan Praktikum PBO Modul 3 (OOP Lanjutan)
OOP LANJUTAN
1. Landasan Teori
A.Objek
Objek pada java adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method-method yang terkait. Objek juga merupakan benda nyata yang di buat berdasarkan rancangan yang di definisikan di dalam class
Object adalah instance dari class. Jika class secara umum mepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel, dan lain-lain.
B. Mehod
Method adalah kumpulan program yang mempunyai nama. Method merupakan sarana bagi programmer untuk memecah program menjadi bagian-bagian yang kecil agar jadi lebih kompleks sehingga dapat di gunakan berulang-ulang.
Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object. Contoh, pada object pear : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.
C. Construktor
Constructor (bahasa indonesia: konstruktor) adalah method khusus yang akan dijalankan secara otomatis pada saat sebuah objek dibuat (instansiasi), yakni ketika perintah “new” dijalankan.
Constructor biasa digunakan untuk membuat proses awal dalam mempersiapkan objek, seperti memberi nilai awal kepada property, memanggil method internal dan beberapa proses lain yang digunakan untuk ‘mempersiapkan’ objek.
Dalam PHP, constructor dibuat menggunakan method : __construct().
D. Method Acessor
Merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengembalikan nilai dari sebuah private field. Skema ini biasanya ditandai dengan awalan nama "get", sebagai contoh, misalnya kita akan menambahkan metode accessor untuk firstname, middleNames dan lastname:
Metode ini selalu mengembalikan value/nilai dengan tipe data yang sama sesuai korespondensi private fieldnya, misal (String);
2. Pembahasan
1. Post Test
Pada bagian posttest, saya membuat sebuah kelas dan memberikan nama angkot yang didalam class tersebut berisikan pendeklarasian isi dari variable bertipe String yang mana akan digunakan untuk menampilkan trayek
dimana nanti setiap angkot memiliki trayeknya masing-masing.
Kemudian saya membuat sebuah class lagi bernama TrayekAngkot untuk mendeklarasikan objek angkot
tersebut dan agar dapat menampilkan trayek sesuai angkot tersebut menggunakan void main.
Setelah itu kita lakukan running program tersebut maka kemudian program akan akan menampilkan output Angkot beserta Trayek yang dioperasikan masing-masing setiap angkot, dan hasilnya adalah sebagai berikut :
2. Tugas Individu
Saya membuat sebuah kelas inputan mengenai kepribadian
seseorang untuk ditampilkan pada output program ini, class pertama yang asaya buat adalah untuk mendeklarasikan variable yang akan digunakan yakni (Nama, hobi, dan pekerjaan),
kemudian untuk class kedua mendeklarasikan objek yang digunakan.
Dan hasil running dari program tersebut adalah sebagai berikut :
muncul JOptionPane dan kita inputkan data tersebut kemudian klik oke maka selanjutnya program akan menampilkan data yang sudah kita inputkan kedalam output akhir program.
3. Daftar Pustaka
http://scdc.binus.ac.id/himsisfo/2016/07/pengertian-methode-class-dan-objek-dalam-oop/
Komentar
Posting Komentar